1. Sebagai pelumas/pelicin
2. Sebagai perapat
3. Sebagai pendingin
4. Sebagai pembersih
5. Sebagai pemantul tekanan
• Jenis oli :
1. Mineral : oli yang berasal
murni dari minyak bumi
2. Sintetik : oli yang berasal
dari campuran oli mineral dengan bahan-bahan tertentu/ bisa terbuat murni dari
bahan kimia/bisa juga terbuat dari mineral+aditif
• Syarat oli mesin :
1. Mempunyai kekentalan yang
tepat
2. Kekentalan harus relativ
stabil tanpa terpengaruh suhu
3. Oli mesin harus sesuai
dengan penggunaan bahan logam/metal
4. Tidak merusakan
bahan/komponen/anti karat
5. Tidak menimbulkan busa
• Standarisasi dunia pelumas
1. API
1. API
API( American Petrolium Institute) adalah
suatu lembaga yang berada di Amerika yang mempunyai Alat untuk mengetahui
kekentalan oli.
2. Jaso
JASO atau Japanese Automotive Standart Association adalah lembaga di Jepang yang mengecek dan menguji kualitas oli untuk kendaraan di negaranya, hal ini dilakukan karena karakteristik mesin dan kendaraan buatan Eropa dan kendaraan buatan Jepang berbeda. JASO MA untuk motor dengan kopling basah dan JASO MB untuk motor dengan kopling kering seperti motor skutik.
3. SAE
SAE merupakan kode tingkat viskositas atau kekentalan oli dan merupakan singkatan dari Society of Automotive Engineers.
2. Jaso
JASO atau Japanese Automotive Standart Association adalah lembaga di Jepang yang mengecek dan menguji kualitas oli untuk kendaraan di negaranya, hal ini dilakukan karena karakteristik mesin dan kendaraan buatan Eropa dan kendaraan buatan Jepang berbeda. JASO MA untuk motor dengan kopling basah dan JASO MB untuk motor dengan kopling kering seperti motor skutik.
3. SAE
SAE merupakan kode tingkat viskositas atau kekentalan oli dan merupakan singkatan dari Society of Automotive Engineers.