Pages

Senin, 09 April 2012

SPESIFIKASI SUZUKI ERTIGA

Konsep ertiga sebenarnya sudah ada sejak empat tahun yang lalu dan tahun kemarin konsep ertiga muncul di ajang IIMS 2011. Tahun ini secara resmi PT.SIS mengumumkan mau memboyong ertiga ke Indonesia yang akan dilaunching sekitar bulan april. Semoga dengan keluarnya ERTIGA bisa mendongkrak market share Suzuki tahun ini dan Gaji pokok pekerja keras seperti kami bisa terdongkrak naik juga,jadi 20 jeti....e salah nolnya kelebihan satu hehehe....masak cuman UMR,nasib nasib........
Saya mau membahas tentang seluk beluk mesin ERTIGA dulu,jika saya sempat dan punya banyak waktu lagi saya akan membahas tentang bagian yang lain dari ERTIGA. Sabar ya....tetep stay tune di channel yang sama...
SPESIFIKASI MESIN ERTIGA
K14B VVT-1372 cc , 73.00 x 82.00(Bore  x Stroke)
10.00:1(Compression ratio) , 70kW @ 6000 rpm & 130 N-m @4000 rpm
Timing Chain , DOHC 4 Valve-Tappet  , Valve mambentuk sudut 33 derajat.

KELEBIHAN :
1.      Fuel Efisiensi: 16.02 km/liter
2.      Crank case
Terdapat “Air Passage” sejenis lubang pernapasan yang menghubungkan antar ruang silinder piston. Air passage berfungsi untuk mengurangi “piston pumping loss” atau supaya gerakan piston lebih lancar karena tekanan diantara ruang piston bisa diserap melalui Air Passage.
3.      Cylinder Block
Menggunakan metode Dummy Head saat meng_honing dinding silinder sehingga sangat berpengaruh pada sirkulasi dari bore silinder dan berdampak pada blow by gas yang semakin “Less” jumlahnya dan juga membuat ring piston tidak tegang karena minimnya gesekan antara ring piston dan bore silinder. Al hasil,konsumsi bahan bakar juga decreased.
4.      Crankshaft
Crankshaft terbuat dari baja yang dibuat oleh SUMITOMO METAL Industries, Ltd. Terdapat “Micro Groove” pada upper dan lower journal bearing untuk menjaga dan menyimpan oli film dalam journal bearing sehingga clearance-nya jadi kecil dan membuat mesin jadi Alus suarane dan Minim getarane.
5.      Piston
Piston terbuat dari alumunium alloy. Pada permukaan luar piston terdapat “dry film coating” yang terbuat dari bahan sejenis organoresin compound dan mempunyai fungsi untuk mengurangi Gesekan.
6.      Timing chain
Menggunakan Timing chain tipe silent dengan jarak antar mata rantai yang lebih rapat dan panjang rantai yang diperpendek supaya lebih menggigit pada gigi sproket dan tetep Silent mode on.


0 komentar: