December 27, 2012

Karpet Mobil VS Mesin Kurang Tenaga



  Pemilik mobil seringkali mengeluhkan mobilnya kurang tenaga saat digeber dijalan tol atau saat berada ditanjakan,padahal pedal gas sudah diinjak maksimal. Sebenarnya masalah diatas mempunyai banyak penyebab,dari mulai mobil yang jarang di tune_up,oli mesin yang sudah waktunya diganti,kopling yang sudah habis sehingga menyebabkan mesin menjadi slip,dll. Beberapa masalah diatas bisa terselesaikan dengan cara menservis mobil Anda ke BERES(Bengkel Resmi) yang mempunyai teknisi yang kompeten dibidangnya.
Selain penyebab diatas,ada satu penyebab lain yang sangat tidak disangka-sangka yang perlu kita lakukan pengecekan terlebih dahulu dirumah ,kehadirannya justru membuat kinerja mesin menjadi kurang tenaga,tidak lain adalah Karpet Alas Kaki tambahan yang terlalu tebal yang menyebabkan pedal gas tidak bisa diinjak maksimal alias pergerakan pedal gas notok/mentok terganjal oleh karpet alas kaki tadi.

CARA MENGATASI

  Cara mengatasinya cukup mudah dengan cara karpet digeser mundur atau digeser kebelakang sedikit supaya ketika kita menginjak pedal gas ,pergerakan pedal gasnya bisa maksimal. Atau mau dipensiunkan saja karpetnya juga boleh...intinya jangan sampai pergerakan pedal gas terhambat.
Masalah sepele seperti ini sebenarnya lebih sering terjadi pada mobil yang menggunakan sistem Drive By Wire seperti mobil Suzuki Grand Vitara,SX-4/Neo Baleno,New Swift,Ertiga,Splash dikarenakan pembukaan katup gas(Throttle) diinput melalui APPS( Acceleration Pedal Potition Sensor) yang terintegrasi didalam pedal gas itu sendiri. Akantetapi masalah diatas tidak menutup kemungkinan bisa terjadi pada mobil yang masih menggunakan kabel gas(model konvensional).
  Mau di cek dulu karpet mobil anda,Monggo...Silahkan lakukan Ritual diatas sebelum anda membawanya ke Kami(Teknisi Mobil Suzuki-Red).

0 komentar:

Post a Comment