SWING YOUR UP

SWIFT SPORT 1.6 L

CITY CAR NO 1

SUZUKI SPLASH GEN 2

LINCAH DAN BERTENAGA

MESIN M SERIES

SWIFT SPORT

RACING PERFORMANCE

January 26, 2012

Lampu HID

High Intencity discharge (HID) adalah jenis Lampu  dengan memancarkan cahaya lebih kuat dengan konsumsi daya secara signifikan lebih rendah, dibandingkan jenis halogen konvensional.
Umur pemakaiannya 3 kali lamanya dibanding lampu jenis halogen. Bila lampu Discharge sudah lama pemakaiannya karena sudah masuk umur pemakaiannya atau melewatinya, gejala-gejala sebagai berikut kemungkinan akan muncul :
-          Lampu discharge kadang-kadang tidak menyala.
-          Cahaya lampu menjadi light pink
-          Elektroda lampu menjadi hitam.
Beberapa komponen HID :
[Ballast]
Fungsi Booster transformer meningkatkan tegangan DC dan mengkonversikan sirkuit “H-Bridge” DC menjadi AC. Kemudian ouput tegangan tinggi (arus AC hingga 400 V ) dialirkan ke kapasitor pada igniter untuk mengisi kapasitasnya. Ballast juga mensuplai arus ke lampu dengan tegangan yang diperlukan untuk menjaga nyala-nya lampu setelah menyala pada saklar lampu dekat.
[Igniter]
Cara kerja :
Saat saklar lampu dekat di ON-kan, generator tegangan tinggi membangkitkan tegangan tinggi hingga 20.000 V dari arus AC 400 V yang disuplai oleh Ballast.tegangan 20.000 V ini mengaktifkan lampu Discharge. Setelah menyalakan lampu, tegangan tinggi ini diputus dan lampu masih menyala dengan tegangan yang disuplai ballast. Tegangan tinggi diterapkan pada kedua elektroda. Gas Xenon diionisasi dan memancarkan cahaya. Suhu pada lampu meningkat, mercury/air raksa menguap dan terjadi arc-discharge. Suhunya naik lebih tinggi lagi, metal iodide pada mercury arc menguap dan atom logam melepaskan muatan listrik dan memancarkan cahaya. Cahaya yang stabil dipancarkan, akibat adanya tegangan yang stabil yang disuplai dari ballast.


January 26, 2012

Mengenal Grand Vitara 2000 (JB 420)

J20A adalah mesin segaris dengan DOHC 16 katup yg digerakkan oleh rantai(Timing chain).
Exhaust System
 Dilengkapi dengan “4-2-1” collective double stainless steel tube exhaust manifold, Exhaust manifold terbuat dari logam tahan karat yang mempunyai daya serap panas yang kecil. Hal ini sangat baik untuk membantu mempercepat panasnya three-way catalyst mengkibatkan proses “Go Green” lebih cepat bekerja.
Heated oxygen sensor(HO2S) No.2 dipasang pada saluran keluar dari catalyst No.1. Air/Fuel ratio sensor(A/F S) dipasang pada saluran masuk catalyst No.1.kedua komponen ini(HO2S & A/F S bekerja sebagai sensor koreksi untuk menjaga campuran bahan bakar dan udara tetap ideal sesuai kondisi kendaraan.
Muffler exhaust gas memiliki tipe resistansi rendah dan mempunyai daya tampung besar yang dapat  menambah output mesin dan meredam  suara dengan baik. Kapasitas dari catalyst  1 liter. Komponen utamanya adalah  platinum dan rhodium.Catalysts dipasang pada exhaust pipes No.1 and No.2 secara berurutan.
Intake System
Intake manifold terbuat dari resin yang mengurangi berat kendaraan, Terdapat intake manifold air tuning system(IMT) untuk memperbesar engine output dan torsi mesin. Menggunakan Electrical throttle body(ETB)agar diperoleh air/fuel ratio yang tepat untuk proses kerja.
Perbandingan bahan bakar, output maksimum, torsi maksimum telah ditingkatkan. Penggunaan/ konsumsi bahan bakar juga lebih baik dibanding  SQ420(Escudo 2000cc) berkat beberapa perubahan pada ECM baru buatan  DENSO.
Cooling System
Menggunakan dua Radiator fan yang digerakkan oleh motor listrik, dengan demikian dapat menghemat tenaga mesin . radiator fan bekerja dengan tiga kecepatan atau tiga level pendinginan sesuai kondisi mesin.

January 25, 2012

Kopling(clutch) pada transmisi manual


Kopling adalah komponen yang letaknya berada diantara mesin dan transmisi yang mempunyai fungsi utama untuk memutuskan dan menghubungkan putaran mesin menuju transmisi supaya bisa terjadi perpindahan gigi secara lembut pada saat kendaraan mulai bergerak.
Dalam  beberapa kasus yang ditemui dilapangan,kopling ini umurnya tidak bisa dipastikan atau biasa kami sebut sebagai faktor pemakaian. Jika si pengendara jarang menginjak secara “Setengah kopling” dapat dipastikan umurnya lebih awet. Ada beberapa kondisi yang sering terjadi pada komponen ini,diantaranya :
1.                       Kopling selip
Biasanya disebabkan oleh jarak pedal kopling yang tidak standart,untuk itu perlu dilakukan penyetelan kabel kopling(pada kendaraan yang menggunakan kabel kopling) atau ganti master silinder kopling(jika koplingnya digerakkan secara hidrolik).jika dengan penyetelan tidak berhasil kemungkinan disebabkan karena kampas kopling,rumah kopling,release bearingnya sudah rusak dan harus diganti. Sebaiknya dilihat dulu fisiknya siapa tahu cuman salah satu dari komponen itu yang rusak jadi bisa menghemat pengeluaran.tapi paling enak ya...diganti satu set/assy toh kita sudah kena biaya turun kopling jadi sekalian aja diganti assy supaya tidak beresiko. Biasanya bengkel resmi juga menyarankan untuk diganti satu set supaya hasilnya maksimal dan mobilnya bisa kenceng lagi larinya.
2.                       Kopling berdenyit
3.                       Kopling bergetar
4.                       Kopling bunyi
5.                       Kopling lengket.
Satu set kopling biasanya terdiri dari :
1.                       Disk clutch(kampas kopling)
2.                       Clutch cover assy(rumah kopling+plat penekan)
3.                       Release bearing
4.                       Kabel kopling(jika menggunakan kabel)
Waktu yang dibutuhkan dalam penurunan kopling ?
Untuk masalah berapa waktu yang dibutuhkan untuk proses turun kopling ? biasanya satu harian supaya dalam pengerjaannya santai tapi pasti.