Mobil yang bagus rata-rata mempunyai daya redam suara yang
baik, sehingga bunyi dari luar kabin tidak bisa masuk ke dalam kabin mobil dan
terciptalah “ fun to drive”. Namun
jika suatu saat terdengar suara gemuruh yang sampai terdengar ke dalam kabin
mobil Anda, pastilah Anda merasa terganggu dengannya.
Masalah gemuruh ini biasanya datang dari Bearing Roda atau
kondisi ban yang sudah Aus (gundul, benjol dan sejenisnya). Suara gemuruh yang
tidak biasa, kadang bisa terjadi yang berasal dari Gardan...cuman sangat langka kami temui di
lapangan. Yoook..kita bahas sumber bunyi satu-persatu gessss :
1.Bearing/Lakher/Bantalan roda
Bearing roda kok bisa rusak ya? Jawabannya bisa aja karena faktor U alias umur(aus)
atau bisa juga karena sering kemasukan air. Bearing roda yang sudah lanjut usia
perlu diregenerasi dengan yang baru, karena bearing yang sudah tua tidak bisa
diperbaiki lagi.
Perlu Mas Mbak ketahui bahwa beban kerja bearing roda ini sangat berat, karena bearing sendiri berfungsi sebagai pereduksi gesekan dan penahan beban. Jadi wajar saja jika suatu saat dilakukan penggantian.
Untuk mobil Suzuki tipe Swift, Karimun kotak, Karimun Estilo, dan Splash, bearing yang sering bermasalah adalah bearing roda bagian belakang. Untuk Suzuki APV justru sebaliknya, bearing yang sering rusak yaitu pada bearing roda bagian depan.
Perlu Mas Mbak ketahui bahwa beban kerja bearing roda ini sangat berat, karena bearing sendiri berfungsi sebagai pereduksi gesekan dan penahan beban. Jadi wajar saja jika suatu saat dilakukan penggantian.
Untuk mobil Suzuki tipe Swift, Karimun kotak, Karimun Estilo, dan Splash, bearing yang sering bermasalah adalah bearing roda bagian belakang. Untuk Suzuki APV justru sebaliknya, bearing yang sering rusak yaitu pada bearing roda bagian depan.
Untuk masalah harga ane sendiri kagak hapal Mas Mbak
semua, mohon dimaklumi nggih...#peace.
Sebagai informasi tambahan, musuh bearing adalah Air, oleh karena itu rata-rata bearing
yang letaknya berada diluar yang beresiko terkena air, sebenarnya sudah terdapat seal anti
air, akan tetapi tidak selamanya seal itu kuat membendung derasnya terpaan sang element
ini. Pada akhirnya...”KO” juga dan berakibat merusak bearing roda. Pada akhirnya bunyi
gemuruh mulai melanda mobil anda dengan intensitas siaga satu...wehehehe...
2.Ban
Masak Ban bisa bikin bunyi toh mas ? tenanan pora kwi ? (ungkap
seorang driver suzuki). Ya..sayah jawab ”bisa pak, lawong ban-nya habis minum M150...wehehe...malah ngiklan”. Jadi kembali ke Kulit bundar lagi, ban adalah komponen
di mobil yang sering bersentuhan langsung dengan Aspal yang panas, lama
kelamaan ban bisa terkikis oleh aspal, apalagi jika sang driver sering bermanuver dan nge-rem secara mendadak, dapat dipastikan
kondisi ban dalam keadaan cepat aus atau bisa juga membenjol.
Sebenarnya salah dalam pengaturan sudut “Wheel Alighment” juga bisa berakibat sama, cuman kasusnya jarang terjadi. Keausan yang tidak rata atau benjol di ban itulah yang membuat bunyi gemuruh di mobil, bunyi ini muncul dikarenakan terdapat celah udara diantara titik nempelnya ban dengan aspal.
kesimpulannya, bunyi gemuruh di ban disebabkan adanya permukaan ban yang menempel ke aspal secara tidak merata, sehingga memungkinkan udara masuk di celah-celahnya. Ini analisa sayah Mas Mbak semua...jika ada yang salah mohon dikoreksi yah...#manusia biasa.
Semoga artikelnya membantu.
Sebenarnya salah dalam pengaturan sudut “Wheel Alighment” juga bisa berakibat sama, cuman kasusnya jarang terjadi. Keausan yang tidak rata atau benjol di ban itulah yang membuat bunyi gemuruh di mobil, bunyi ini muncul dikarenakan terdapat celah udara diantara titik nempelnya ban dengan aspal.
kesimpulannya, bunyi gemuruh di ban disebabkan adanya permukaan ban yang menempel ke aspal secara tidak merata, sehingga memungkinkan udara masuk di celah-celahnya. Ini analisa sayah Mas Mbak semua...jika ada yang salah mohon dikoreksi yah...#manusia biasa.
Semoga artikelnya membantu.