SWING YOUR UP

SWIFT SPORT 1.6 L

CITY CAR NO 1

SUZUKI SPLASH GEN 2

LINCAH DAN BERTENAGA

MESIN M SERIES

SWIFT SPORT

RACING PERFORMANCE

September 07, 2012

Bunyi Gemuruh Pada Mobil

 

  Mobil yang bagus rata-rata mempunyai daya redam suara yang baik, sehingga bunyi dari luar kabin tidak bisa masuk ke dalam kabin mobil dan terciptalah “ fun to drive”. Namun jika suatu saat terdengar suara gemuruh yang sampai terdengar ke dalam kabin mobil Anda, pastilah Anda merasa terganggu dengannya.
Masalah gemuruh ini biasanya datang dari Bearing Roda atau kondisi ban yang sudah Aus (gundul, benjol dan sejenisnya). Suara gemuruh yang tidak biasa, kadang bisa terjadi yang berasal dari Gardan...cuman sangat langka kami temui di lapangan. Yoook..kita bahas sumber bunyi satu-persatu gessss : 

  1.Bearing/Lakher/Bantalan roda

  Bearing roda kok bisa rusak ya? Jawabannya bisa aja karena faktor U alias umur(aus) atau bisa juga karena sering kemasukan air. Bearing roda yang sudah lanjut usia perlu diregenerasi dengan yang baru, karena bearing yang sudah tua tidak bisa diperbaiki lagi.

Perlu Mas Mbak ketahui bahwa beban kerja bearing roda ini sangat berat, karena bearing sendiri berfungsi sebagai pereduksi gesekan dan penahan beban. Jadi wajar saja jika suatu saat dilakukan penggantian.

Untuk mobil Suzuki tipe Swift, Karimun kotak, Karimun Estilo, dan Splash, bearing yang sering bermasalah adalah bearing roda bagian belakang. Untuk Suzuki APV justru sebaliknya, bearing yang sering rusak yaitu pada bearing roda bagian  depan.

Untuk masalah harga ane sendiri kagak hapal Mas Mbak semua, mohon dimaklumi nggih...#peace.

Sebagai informasi tambahan, musuh bearing adalah Air, oleh karena itu rata-rata bearing yang letaknya berada diluar yang beresiko terkena air, sebenarnya sudah terdapat seal anti air, akan tetapi tidak selamanya seal itu kuat membendung derasnya terpaan sang element ini. Pada akhirnya...”KO” juga dan berakibat merusak bearing roda. Pada akhirnya bunyi gemuruh mulai melanda mobil anda dengan intensitas siaga satu...wehehehe...

2.Ban

  Masak Ban bisa bikin bunyi toh mas ? tenanan pora kwi ? (ungkap seorang driver suzuki). Ya..sayah jawab ”bisa pak, lawong ban-nya habis minum  M150...wehehe...malah ngiklan”. Jadi kembali ke Kulit bundar lagi, ban adalah komponen di mobil yang sering bersentuhan langsung dengan Aspal yang panas, lama kelamaan ban bisa terkikis oleh aspal, apalagi jika sang driver sering bermanuver dan nge-rem secara mendadak, dapat dipastikan kondisi ban dalam keadaan cepat aus atau bisa juga membenjol.

Sebenarnya salah dalam pengaturan sudut “Wheel Alighment” juga bisa berakibat sama, cuman kasusnya jarang terjadi. Keausan yang tidak rata atau benjol di ban itulah yang membuat bunyi gemuruh di mobil, bunyi ini muncul dikarenakan terdapat celah udara diantara titik nempelnya ban dengan aspal.

kesimpulannya, bunyi gemuruh di ban disebabkan adanya permukaan ban yang menempel ke aspal secara tidak merata, sehingga memungkinkan udara masuk di celah-celahnya. Ini analisa sayah Mas Mbak semua...jika ada yang salah mohon dikoreksi yah...#manusia biasa.

Semoga artikelnya membantu.





September 02, 2012

Cara Kerja Immobilizer


Skema Immobilizer

  Ketika kunci kontak dimasukkan ke lubang kunci dan kunci kontak diputar keposisi “ON”, ECM mengirim sinyal ke Transponder yang berada di dalam anak kunci(baca Key).
  setelah Transponder selesai menerima sinyal dari ECM,Transponder mengirim sinyal balik ke ECM berupa kode yang tertanam di dalam transponder itu.

1.   Jika kode yang dikirim oleh transponder tidah sesuai dengan kode yang sudah di_REGISTRASIKAN di ECM,maka “ECM prohibits engine start” alias GATOT Bro...wehehehe.

2.   Jika kode yang dikirim oleh transponder “match” dengan kode yang sudah di_REGISTRASIKAN di ECM,maka ECM mempersilahkan Masbro yang ganteng-ganteng untuk menunggangi mobil Anda. Monggo Masbro pedal gasnya boleh diinjak asalkan tetep safety first ya Masbro dan mbak Sis semua.....

  Perlu Masbro semua ketahui untuk satu mobil suzuki bisa meREGRISTRASIKAN empat anak kunci,jadi satu mobil suzuki bisa punya empat(4) anak kunci. Nah...buat ilmu tambahan buat Masbro semua...Jika suatu saat ECM di mobil Anda perlu diganti,maka anak kunci Anda perlu diREGISTRASIKAN lagi. Cara meREGISTRASIKANnya dengan menggunakan SDT(Suzuki Diagnostic Tool). Tentunya hanya di BERES(BEngkel RESmi) Suzuki. Bisa datang ke Citra Asri Buana Pajajaran  Jln.Pajajaran km.99-Bogor...Iklan dikit bro wehehehe.....

Gambar Transponder