SWING YOUR UP

SWIFT SPORT 1.6 L

CITY CAR NO 1

SUZUKI SPLASH GEN 2

LINCAH DAN BERTENAGA

MESIN M SERIES

SWIFT SPORT

RACING PERFORMANCE

September 16, 2014

Menganalisa Torsion Beam pada Suzuki Ertiga dan Mazda VX-1

Kaki-kaki belakang atau suspensi belakang dari kedua mobil diatas adalah sama yaitu menggunakan tipe suspensi independent Dengan Aksel Lengan Torsi(torsion beam). Kabarnya keduanya juga dilanda masalah yang sama yaitu ketika kendaraan berbelok terdengar suara “Cething” di bagian belakang kendaraan. Dari beberapa analisa yang dilakukan temen-temen teknisi dari suzuki dan temen-temen teknisi dari Mazda didapatkan beberapa penyebab munculnya bunyi diatas.

Pertama ada yang bilang sumber masalah berasal dari moment baut di arm yang kurang kencang yang dikawatirkan arm masih belum duduk sepenuhnya ditempatnya.tapi alasan ini terpatahkan ketika baut sudah dikencangkan dengan moment yang cukup kencang akan tetapi Bunyi masih ada,alhasil analisa yang pertama ini kurang tepat.

Kedua ada yang bilang kualitas bahan yang kurang bagus,dikarenakan tipe suspensi ini harganya yang lumayan mahal kurang lebih berkisar diatas Lima Jutaan Rupiah. Bahan dengan kualitas kurang bagus tidak mampu menahan beban putir yang lumayan besar saat berbelok,inilah yang menyebabkan bunyi diatas.

Menurut analisa ane pribadi,alasan kedualah yang masuk akal,buktinya setelah diganti dengan part yang baru masalah diatas menjadi clear. Kabarnya memang dikarenakan dari OEM maka pabrikan meminta Kualitas Part_nya untuk ditingkatkan,walhasil Kedua Kendaraan ditas menjadi Yahud kembali setelah dilakukan penggantian dengan part yang sudah di Upgrade.Juoz gandos kotos-kotos,hehehe...

Bagi masbro dan pembaca sekalian,ane sedikit mau sharing tentang fungsi dari Part yang bermasalah yaitu Torsion beam.check this out...gan.

Fungsi Torsion Beam = Pada saat salah satu roda berpegas (juga pada saat belok), maka lengan torsi menerima beban puntir sehingga berfungsi seperti stabilisator. Sedangkan stabilisator sendiri berfungsi untuk menstabilkan beban di bodi bagian kanan dan kiri kendaraan sehingga meminimalisir body roll dan supaya ban belakang tidak terseret oleh gerakan dari roda depan saat berbelok dengan dibikin supaya roda belakang Toe in kepada roda depan.

Sekian dulu...semoga bermanfaat artikelnya.

September 15, 2014

Cara Membaca Kode pada Bearing

Masbro dan mbakbro sekalian,udah lama ane enggak posting di blog yah...apalagi di tahun 2013 malah sepi kagak posting samasekali,sori...maklum kemarin-kemarin lagi fokus ngerampungin kuliah malem ane,Alhamdulillah kelar juga dengan IPK yang Lumayan,hahaha....Lumayan Bagus maksudnya bukan lumayan hancur,eaah......oke kembali ke pembahasan vroh...Cek Ndis Ot Gan...

Jika anda sedang membutuhkan bearing pabrikan mobil anda dan ternyata habis sedangkan mobil anda dalam keadaan sangat anda butuhkan untuk menunjang aktifitas anda,maka salah satu solusi yang bisa anda lakukan adalah membeli bearing aftermarket dengan kode yang sama,biasanya Toko Sparepart mobil menyediakan bearing-bearing aftermarket yang kualitasnya tinggal milih,ada yang kualitasnya seperti bearing pabrikan,ada juga yang kualitasnya dibawah standart pabrikan dan dua-duanya biasanya dibandrol dengan harga yang lebih murah dari versi pabrikan yang dijual dibengkel resmi cuman kelemahannya ada pada garansinya,kalo beli diluar terus dipasangnya di bengkel resmi otomatis bengkel resmi tidak mau memberi garansi untuk part yang dibeli dari luar dan satu lagi info yang lumayan penting yaitu Toko sparepart jam kerjanya atau Bukanya hampir sama seperti bengkel resmi dari jam 8 pagi sampai jam 4 sore,perbedaannya kalo jam 12 siang karyawan bengkel resmi istirahat sampai jam 1 siang,kalo toko sparepart biasanya tidak ada istirahatnya(kadang sistem sift).

Untuk membeli bearing aftermarket,yang anda butuhkan hanya mencocokkan kode bearing yang anda cari. Berikut beberapa gambar yang bisa memberikan pemahaman kepada anda secara visual,cek ndis ot....gan. 




September 01, 2014

Spesifikasi Lengkap New Swift Sport 1.6 L Indonesia
















Sebenarnya Swift sport sudah duluan dipasarkan secara global, terutama di Jepang dan Eropa dengan mendapatkan antusias yang luar biasa dari pelanggan disana. Sekarang yang masuk ke Indonesia dan ke beberapa negara lain adalah Swift Sport versi kedua. Ada beberapa perbedaan diantara versi lama dengan versi baru. Dari segi mesin stroke dan kompresi mesin naik, transmisi CVT dengan auxilary gearbox, dan banyak update lagi di Suzuki New Swift Sport yang membuat jadi lebih Binal.

PRESTASI
Suzuki Swift Sport memenangkan penghargaan “Best Buy” car dari majalah “What a Car?” dua tahun berturut-turut (2012-2013). Sumber: www.suzuki.co.uk 10 Januari 2013 di Inggris. Dalam kejuaraan Junior World Rally Championship (JWRC), Suzuki Swift Sport mendominasi klasemen akhir tahun 2010. Sumber: http://www.ewrc-results.com/)
1. A. Burkart (Suzuki Swift Sport) - 80
2. H. Weijs (Citroen) - 76
3. T. Slavov (Renault) - 59
4. K. Kruuda (Suzuki Swift Sport) - 51

EKSTERIOR
Penyempurnaan eksterior yang membuat tampilan lebih agresif dan berkarakter
1.HID Projector Headlamp dengan Metallic Grey
2.Grill lebih besar, meningkatkan performa mesin
3.Foglamp bersirip, agresif
4.Headlamp washer
5.Auto Levelling Headlamp
6.Side Skirt, meningkatkan stabilitas
7.Roof End Spoiler, meningkatkan stabilitas
8.Sporty Design Rear Combination Lamp
9.Dual Muffler menyatu dengan Diffuser metalik
10.New Design Alloy Wheel & Ukuran Ban 195/50R16

INTERIOR
Desain interior yang eksklusif, sporty, yang membuat nyaman dikendarai dan membanggakan
1.Desain kemudi sporty
2.Shift Paddles (CVT Model)
3.6 Air Bags
4.Side Support Pipe on Front Seat Design
5.Logo “Sport” pada jok
6.Stainless Steel pedals
7.Front Map Light
8.2 Vanity mirror
9.Desain Kemudi sporty & stylish
10.Desain Setir 3 Spoke
11.Lingkar setir dengan Jahitan benang merah
12.Instrument Panel
13.Tombol kontrol audio dengan iluminasi
14.Shift Paddles (A/T)
15.Sistem Audio (CD, MP3, Aux-in, USB connection)
16.Meter Cluster & MID (Multi Information Display)
17.Air Condition ( AC )
18.6 percepatan (M/T). CVT 7 percepatan (A/T)
19.Desain Kursi:
20.Kursi depan sporty
21.Side support pipe
22.Material kursi & Jahitan Merah
23.Height Adjuster
24.Keyless Engine Push Start

KESELAMATAN DAN KEAMANAN
1.Struktur Body Total Effective Control Technology (TECT)
Menyerap dan mendistribusikan energi saat terjadi benturan. Melindungi penumpang dari benturan keras dan menjaga ruangan kabin tetap utuh.

2.Body Monocoque 
Menambah kestabilan berkendara

3.Side Impact Beam 
Kerangka baja yang dipasang pada bagian dalam pintu agar melindungi penumpang dari benturan samping dan menjaga pintu tetap kokoh,sehingga jika suatu saat terjadi kecelakaan penumpang bisa dengan mudah dievakuasi karena pintu tidak macet.

4.Collapsible steering coloumn
Jika terjadi benturan depan, batang setir akan patah, setir tidak akan membentur dada pengemudi.

5. 6 Point Air bags 
6. Sabuk Pengaman
7. ABS – EBD – BA - ESP-Hill Hold Control System
8. Sistem Suspensi
9. Sistem Kemudi
10. Keyless Entry



Membuka pintu tanpa memasukkan anak kunci kedalam lubang kunci pintu, cukup dengan menekan tombol buka pada kunci dalam jarak tertentu.

11. Immobilizer
Sistem di dalam ECM yang mengenali sinyal yang dikirimkan kunci. Tanpa kunci asli mesin tidak dapat dihidupkan walaupun kunci diduplikat, ini mencegah terjadinya pencurian.

12. Child Proof Door Lock
Mencegah terbukanya pintu belakang dari dalam dan hanya bisa dibuka dari luar, terutama saat ada penumpang anak-anak.


SPESIFIKASI
1. MESIN



Tipe Mesin M16A digunakan untuk SWIFT Sport baru dengan Kode Mesin AZH416. Untuk Bore dan Stroke New Swift Sport: 78.0 X 83.( versi 1: 78.0 X 78.0). Di New Swift Sport Stroke Engine di tingkatkan alias jadi Over Stroke, mesin mempunyai karakter torsi gede mudah dicapai dengan hanya butuh kitiran mesin yang tidak terlalu tinggi, Walhasil lebih galak diputaran Bawah-Menengah.

Piston untuk RS416 dan AZH416 terbuat forget aluminium yang tahan panas pada temperatur tinggi. Sebagian besar bagian atas piston dibikin lebih kecil dari mesin tipe M16 lainnya yang berfungsi untuk memperoleh rasio kompresi yang lebih besar yaitu 11.1.

Finishing groove ring pertama pada piston menggunakan teknologi hard proses almite untuk meningkatkan daya tahan dan kehandalan. Bahan yang digunakan adalah resin coating MoS2 (Molybdenum di-sulfide) coating. Seluruh ring AZH416 sudah dikurangi ketebalan dan lebarnya, hal itu bertujuan untuk mengurangi gesekan. Sehingga mechanical loss berkurang dan cocok sekali untuk mesin dengan range rpm tinggi. berikut spesifikasi ring nya :

Ring 1 AZH416 tebalnya 1.0mm(Swift lama 1.2mm)
Ring 2 AZH416 tebalnya 1.0mm(Swift lama 1.5mm) 
Ring Oli AZH416 tebalnya 2.0mm(Swift lama 2.8mm)

Dikarenakan output mesin meningkat, maka didalam mesin ditanamkan teknologi piston cooling nozzle & valve dan heat exchanger (engine oil cooler) seperti gambar dibawah ini. 



INTAKE



Intake camshaft secara khusus dirancang untuk New SWIFT Sport (AZH416) sedangkan untuk Exhaust camshaft masih sama dengan SWIFT Sport sebelumnya (RS416). Bahan yang digunakan Sama dengan yang dipake di Swift Sport lama yaitu Cash Iron. Pengangkatan katup hisab(Lift Valve Intake) ditambah dari 8.504mm ke 9.000mm Guna meningkatkan aliran udara di sistem VVT Katup Hisap(Intake Valve).

EXHAUST





Exhaust manifold menggunakan tipe “4-1” untuk meningkatkan output tenaga mesin dan sudah bukan rahasia lagi tipe-tipe header seperti ini dipakai untuk karakter mobil yang butuh tenaga di kitiran menengah ke atas yang sering diaplikasikan buat yang doyan kenceng. Muffler memiliki beberapa fitur seperti berikut untuk meningkatkan tenaga dan tingkat kebisingan yang rendah :
1.Hambatan aliran gas buang rendah.
2.Kapasitas yang besar.
3.Tekanan balik rendah.
4.Muffler memiliki dua lubang keluar (outlets) untuk penampilan yang sporty.
5.Tidak menggunakan EGR.

Exhaust manifold tipe”4-1” memiliki panjang lubang yang sama untuk setiap cylinder. Dengan demikian, hambatan aliran gas buang bisa dihindari, sehingga output yang lebih tinggi dalam putaran mesin tinggi dapat tercapai. Underfloor catalyst sudah dihilangkan dan volume muffler yang pertama diperbesar. Adapun Spesifikasi dari muffler yang pertama dari Swift Sports sebagai berikut : 

[AZH416]
Diameter 110 mm & Panjang 705 mm

[RS416]
Diameter : 89.1 mm & Panjang : 500 mm

Cylinder head mesin New Swift Sport sedikit dimodifikasi, disaluran Intake dibuat lebih lancar dan sangat efisien di setiap kitiran mesin karena adanya IMT(Intake Manifold Tuning) seperti yang ada di Mesin tipe JB series alias Grand Vitara. 

Bentuk saluran intake dan exhaust dioptimalkan, hal itu berefek pada peningkatan efisiensi aliran di intake and exhaust. Jadi Intake dan Exhaust New Swift Sport disempurnakan dibagian BENTUK dan KEHALUSAN SALURAN untuk mendapat efisiensi mesin yang Optimal(Porting Polish).

Mesin M16 SPORT juga memiliki damper pulley serta Belt berbeda. Tipe belt diganti dari 4PK ke 5PK sehingga lebih Strong karena Jumlah rib lebih besar dari tipe mesin M yang lain dan untuk kekuatan ikatan belt yang lebih baik, guna menghindari suara belt yang slip.

MOUNTING 
Untuk model CVT, metal bracket ditambahkan untuk mengurangi noise dan vibration. Pembaharuan dynamic damper untuk engine rear mounting bagian ini terbuat dari karet dengan tujuan mengurangi NVH supaya getaran mesin berkurang. 


2.CONTROL SISTEM



BCM dibuat oleh DE (Diamond Electric Corporation) di Japan. Model Kizashi (A6B) dan New SWIFT (AZH) memiliki kesamaan seperti push start system yang sudah menjadi satu dengan Keyless start control module. Keyless receiver tidak termasuk kedalam satuan Keyless start control module, hal ini adalah desain standar dari supplier (hardware tidak didesain oleh SUZUKI), Calsonic Kansei sebagai suppliernya. Immobilizer transponder tip tidak menjadi satu di dalam mechanical key. Transponder menjadi satu di dalam transmitter part. 


3.SUSPENSION
DEPAN



Suspensi New Swift Sport Menggunakan tipe Mac Pherson strut(Kebanyakan dipake di Mobil Suzuki sekarang). 

Coil spring AZH416 lebih kecil dari RS416, Artinya lebih lembut(Kenyal) dari RS416. Shock breaker menggunakan MONROE (saingannya Billstein) yang tidak diragukan lagi performanya. Front strut AZH416 memiliki rebound spring bagian dalam pada strut. Kombinasi koil spring sedikit lebih lembut (dari RS416) dan rebound spring internal memperkecil ketindaknyamanan pada mobil sport, yang juga menjaga kestabilan putaran. Front wheel bearing dimensinya ditingkatkan untuk menambah kekakuan camber ketika kendaraan berbelok. AZH416 atau New Swift Sport menggunakan NSK bearing.

Bagian suspension frame ditambahkan ‘V’ Members yang terbuat dari single stamped steel, kekuatan suspension frame ditingkatkan, sehingga respon belok juga meningkat.

BELAKANG



Tipe torsion beam digunakan untuk suspensi belakang.

Dengan penambahan torsion beam, rear axle tidak berlokasi pada pusat dari roda belakang. Spring lower seat lebih rendah dari trailing arm. Karena itu, coil spring lebih rendah dari pusat roda belakang. Hingga lantai belakang menjadi sangat rendah untuk memperoleh ruangan interior yang datar. Urethane digunakan untuk bump stopper (1), tujuannya untuk memperoleh keseimbangan yang baik antara kenyamanan dan kualitas di tingkat yang lebih tinggi. Torsion beam memiliki “crashed-pipe”shape cross section. Ketika kendaraan berbelok, torsion beam menjadi pusat torsi. Hingga, sisi bumping (sisi luar selama berbelok) menjasi “toe-in”. Dengan cara ini stabilitas steering meningkat selama berbelok.

Ukuran bearing roda belakang untuk AZH416 lebih besar dari AZH414. Masih lebih besar dari RS416. Hal ini meningkatkan kekuatan camber belakang ketika berbelok. Bagian bodi yang dipasangkan pada trailing arm diposisikan dengan sudut inclination. Bagian fitting bodi pada trailing arm juga telah ditingkatkan kekuatannya juga. Sehingga, arah ban selama berbelok akan optimal dengan toe out yang lebih kecil. Hingga, stabilitas steering akan meningkat. 

Kekuatan atau kekakuan lateral dari bagian trailing arm body fitting ditingkatkan 1.5 kali yang besarnya sama dengan model RS, yang hasilnya meningknya kestabilan mengemudi.

-Roda 17 inch AZH416 lebih ringan dari roda 16 inch AZH414 yaitu 0.2 Kg.
-Roda 17 inchAZH416 lebih ringan dari roda 17 inch RS416 yaitu 1.0 Kg.

Pengurangan berat diperoleh dengan metode produksi yang baru.


4.DRIVE SHAFT(AS RODA DEPAN)
Front drive shafts untuk mesin M16A dibuat oleh GKN DRIVELINE. Suzuki Ertiga dibuat oleh NTN.

Drive shaft boots pada sisi roda terbuat dari resin. Dust cover digunakan untuk menghalangi kotoran masuk ke seal As Roda. Untuk model 6MT, damper dilokasikan pada kanan drive shaft dengan tujuan mengurangi getaran. Resonansi damper 165Hz. Intermediate shaft digunakan untuk mengurangi “Torque Steering/beban kemudi”. 

Torque steering dipengaruhi oleh torsi mesin pada saat pengemudian untuk beberapa kendaraan penggerak roda depan. Misalnya, saat akselerasi penuh kemudi akan tertarik ke satu sisi, yang dapat mengganggu pengemudi. Ini akan menyebabkan perlawanan di roda kemudi, dan membelokan mobil ke arah yang salah. Ketika efek ini secara langsung terhubung ke kemampuan mesin, masalah ini menjadi lebih besar dengan output mesin yang tinggi dengan torsi yang kuat di kisaran RPM rendah.


5.BRAKE
ABS, ESP, TCS, Hill Hold Control System
-9-inch brake booster
- 15-inch front ventilated disc
- Front brake pad area 40cm2 (SWIFT (RS) – 42 cm2)
- 15-inch rear solid disc
- Rear brake pad area 25cm2

Teknologi Pengereman di New Swift Sport tergolong baru dan pada saat ini hanya ada di Swift Sport yaitu Hill Hold Control System. Hill Hold Control System didesain untuk membantu pengemudi pada start (awal jalan) ketika mendaki. Ketika pengemudi memulai menaiki tanjakan, sistem membantu untuk mencegah kendaraan dari mundur ketika pengemudi memindahkan kaki dari pedal rem ke pedal gas.

Desain Pedal Rem meminimalisi cedera kaki. Pada kasus tabrakan frontal, dash panel menekan kabin. Backet pedal rem juga tertekan ke kabin, Ketika terjadi kejadian seperti ini, pedal rem lever terlepas dari pedal rem. Hingga, pedal rem tidak bergerak menekan untuk menghindari cidera pada kaki.


6.MANUAL TRANSMISI



Banyak common part dari Suzuki Kizashi. Kopling menggunakan tipe dry single disc diapghram. Release bearing dan operating cylinder menyatu dalam struktur yang kompak. Tipe automatic centering digunakan untuk menyegel release bearing, Clutch disc untuk 6-speed manual transmission mesin M16A adalah design baru. Kopling digerakkan oleh sistem hidrolik.


7.AUTOMATIC TRANSMITION



New Swift Sport yang dipasarkan di Indonesia salah satunya sudah berpenggerak otomatis alias sudah AT(Automatic Transmition), New Swift Sport dibenamkan penggerak otomatis dengan teknologi yang benar-benar baru yaitu Sistem CVT ditambah Auxiliary gear box yang membuat mobil gampang untuk melaju tanpa memerlukan RPM yang tinggi. Jadi tinggal injak gas dikit mobil sudah moving dengan agresif dan tentunya lebih efisien karena tidak perlu RPM tinggi untuk Start Awal. Ambil contoh dari motor roda dua matic berpenggerak CVT seperti Spin, Hayate, Skywave, mio, beat, vario. Motor-motor tipe ini memerlukan RPM yang tinggi saat start awal supaya motor bergerak. Jadi lumayan boros juga kalo dilintasan Stop n Go.
  1. CVT (Continuously Variable Transmission) adalah sebuah non-step gear yang digerakkan oleh steel belt & pulleys.
  2. Perpindahan gigi dikontrol secara elektronik tergantung pada keinginan pengemudi dan kondisi jalan.
  3. Pengontrolan Sistem dengan ECM sudah melalui CAN bus untuk mendapatkan torsi yang tepat sesuai dengan kondisi aktual. Dimensi Torque converter sudah dikurangi, sehingga berbentuk flat dan ramping, hasilnya dimensi total transmisi juga berkurang. Sehingga membuat ruang mesin lebih luas.
  4. Manual shifting mode juga ada, agar pengemudi dapat mengemudi lebih sporty(Paddle Sift).
  5. Gear ratio lebih luas dari yang terendah sampai yang tertinggi, untuk memperkecil konsumsi bahan bakar.
  6. Lock up zone secara signifikan lebih besar dari A/T lock up zone, yang membuat konsumsi bahan bakar berkurang.
  7. Auxiliary gear box membuat range gear ratio lebih lebar, sehingga torsi tinggi diperoleh untuk memberikan pengurangan sebagian akselerasi yang besar dan kec mesin jadi lebih rendah tiap kec kendaraan untuk meningkatkan efisiensi bahan bakar.
  8. Stepper motor dan pulley ratio linkage dihilangkan. Hydraulic system sederhana dibanding dengan CVT pada Kizashi.

8.AUDIO
Sistem Audio 2Din dengan CD Player, MP3, USB Connection, Aux-in, 4 speaker & 2 tweeter.


Sekian Artikel tentang New Swift Sport Semoga Bermanfaat, Jangan Ragu buat memarkirkannya di Garasi, kalo dalam bahasa jawanya mobil ini...Value for Money...Worth it Bro.