A. Fungsi- Fungsi Bagian dari Sasis (Chasis)
:
- Fungsi Pegas : Menyerap kejutan dari jalan dan getaran dari roda-roda kendaraan agar tidak diteruskan ke body kendaraan secara langsung. (Macam-macam pegas : pegas daun, pegas coil, pegas batang torsi)
- Shock Absobser : Untuk meredam oskilasi dengan cepat agar pengendara mendapat kenyamanan dalam berkendara dan menambah daya cengkeram ban terhadap jalan.
- Ball Joint : Sebagai sumbu putaran roda saat belok, menerima beban vertikal maupun lateral.
- Stabilizer : Meningkatkan traksi ban, mengurangi kemiringan akibat gaya sentrifugal pada saat kendaraan berbelok.
- Strut Bar : Menahan gaya dari arah depan dan belakang body kendaraan dan supaya lower arm tidak bergerak maju/mundur pada saat menerima kejutan dari jalan yang tidak rata/dorongan akibat terjadinya pengereman.
- Lateral Control Rod : Menahan axel pada posisinya terhadap beban dari samping.
- Bumper : Menjaga axle, frame, shock absobser dari mengerutnya dan mengembangnya pegas diluar batas maksimal dengan memasang bounding bumper dan rebounding bumper.
8. Oskilasi ada :
a.
Pitching
: Bergoyangnya bagian depan dan belakang kendaraan ke atas dan ke bawah
terhadap pusat grafitasi kendaraan.
b.
Roling
: Bila kendaraan membelok/melewati tonjolan jalan, maka pegas pada 1 sisi
mengembang dan pada sisi yang lain mengempis yang mengakibatkan body rolling pada
arah samping.
c.
Bouncing
: Gerakan naik turun kendaraan secara keseluruhan (terjadi pada kecepatan
tinggi atau saat melewati jalan berlobang)
d.
Yawing
: Gerakan body kandaraan mengarah memanjang kekanan dan kekiri terhadap titik berat
kendaraan(Center gravity).
B. JENIS SUSPENSI RODA DEPAN
1
Suspensi
ada Macpherson Strut (lower arm, strut bar, stabilizer, strut assembly) –biasa dipakai
di mobil kecil dan medium-
2
Macpherson
Strut dengan lower arm L -biasa dipakai mesin penggerak depan-
3
Double
Wishbone pegas coil dengan upper dan lower arm -bisa dipakai di mobil penumpang
dan truk kecil-
4
Double
Wishbone dengan Batang Torsi –biasa dipakai di truk kecil-
5
Double
Wishbone dengan suspensi pegas koil
6
Pegas
daun pararel (roda depan truck, bus, dll)
C. JENIS SUSPENSI RODA BELAKANG
1. Pegas daun paralel- dipakai pada suspensi
belakang kendaraan komersial
2. 4-link(rigid)-
3. Semi Trailing Arm(Independent) - dipakai pada
roda belakang mobil penumpang
4. Double Wishbone - dipakai pada roda belakang
mobil penumpang penggerak roda belakang
5. Strut Dual Link - dipakai pada mesin
didepan penggerak depan-
6. Trailing aArm dengan Twist Beam(rigid) - dipakai
pada roda belakang mobil kecil -penggerak roda depan