March 19, 2011

CHASIS


A. Fungsi- Fungsi Bagian dari Sasis (Chasis) :

  1.  Fungsi Pegas : Menyerap kejutan dari jalan dan getaran dari roda-roda kendaraan agar tidak diteruskan ke body kendaraan secara langsung. (Macam-macam pegas : pegas daun, pegas coil, pegas batang torsi)
  2. Shock Absobser : Untuk meredam oskilasi dengan cepat agar pengendara mendapat kenyamanan dalam berkendara dan menambah daya cengkeram ban terhadap jalan.
  3. Ball Joint : Sebagai sumbu putaran roda saat belok, menerima beban vertikal maupun lateral.
  4. Stabilizer : Meningkatkan traksi ban, mengurangi kemiringan akibat gaya sentrifugal pada saat kendaraan berbelok.
  5. Strut Bar : Menahan gaya dari arah depan dan belakang body kendaraan dan supaya lower arm tidak bergerak maju/mundur pada saat menerima kejutan dari jalan yang tidak rata/dorongan akibat terjadinya pengereman.
  6. Lateral Control Rod : Menahan axel pada posisinya terhadap beban dari samping.
  7. Bumper : Menjaga axle, frame, shock absobser dari mengerutnya dan mengembangnya pegas diluar batas maksimal dengan memasang bounding bumper dan rebounding bumper.


8. Oskilasi ada :
a.     Pitching : Bergoyangnya bagian depan dan belakang kendaraan ke atas dan ke bawah terhadap pusat grafitasi kendaraan.
b.     Roling : Bila kendaraan membelok/melewati tonjolan jalan, maka pegas pada 1 sisi mengembang dan pada sisi yang lain mengempis yang mengakibatkan body rolling pada arah samping.
c.      Bouncing : Gerakan naik turun kendaraan secara keseluruhan (terjadi pada kecepatan tinggi atau saat melewati jalan berlobang)
d.     Yawing : Gerakan body kandaraan mengarah memanjang kekanan dan kekiri terhadap titik berat kendaraan(Center gravity).

B. JENIS SUSPENSI RODA DEPAN
1        Suspensi ada Macpherson Strut (lower arm, strut bar, stabilizer, strut assembly) –biasa dipakai di mobil kecil dan medium-
2        Macpherson Strut dengan lower arm L -biasa dipakai mesin penggerak depan-
3        Double Wishbone pegas coil dengan upper dan lower arm -bisa dipakai di mobil penumpang dan truk kecil-
4        Double Wishbone dengan Batang Torsi –biasa dipakai di truk kecil-
5        Double Wishbone dengan suspensi pegas koil
6        Pegas daun pararel (roda depan truck, bus, dll)

C. JENIS SUSPENSI RODA BELAKANG
1.     Pegas daun paralel- dipakai pada suspensi belakang kendaraan komersial
2.     4-link(rigid)-
3.     Semi Trailing Arm(Independent) - dipakai pada roda belakang mobil penumpang
4.     Double Wishbone - dipakai pada roda belakang mobil penumpang penggerak roda belakang
5.     Strut Dual Link - dipakai pada mesin didepan penggerak depan-
6.     Trailing aArm dengan Twist Beam(rigid) - dipakai pada roda belakang mobil kecil -penggerak roda depan