March 28, 2016

Kuras Minyak Rem Ertiga dan Mobil Suzuki Lainnya.



Mobil Suzuki Ertiga dan sebagian besar produk-produk mobil Suzuki yang dipasarkan di Indonesia, hampir semua sistem pengeremannya menggunakan sistem hidrolik alias sistem rem yang digerakkan oleh cairan atau kita sering menyebutnya minyak rem.

FUNGSI PENGURASAN MINYAK REM
Minyak rem mempunyai fungsi yang vital disistem pengereman mobil kita, minyak rem berfungsi sebagai penggerak disistem pengereman mobil kita, jika minyak rem habis karena bocor, dll, maka bisa dipastikan sistem pengereman mengalami kegagalan fungsi alias rem Blong.

Untuk menunjang fungsi pengereman, maka minyak rem perlu dilakukan pengurasan supaya sistem pengereman berfungsi secara optimal. Lha kenapa harus dikuras dan diganti dengan minyak rem yang baru? Jawabane karena minyak rem mempunyai karakter titik didih yang tinggiBisa dibayangkan panas yang diakibatkan saat rem bekerja, dijamin kicat kicat masbro kalo didemok wkwkwkwk. Dari sifat itulah sehingga minyak rem mempunyai sifat sampingan yang dinamakan hidroskopis(menyerap air). Jika kandungan air dalam minyak rem sudah terlalu banyak akan menimbulkan efek negatif, diantaranya :
1.     Karat
Karat dalam saluran minyak rem bisa menimbulkan efek yang sangat berbahaya, salah satunya kebocoran minyak rem di kaliper rem itu sendiri, ini yang sering kita temui dilapangan. Kalo sudah bocor, lama kelamaan minyak yang ada di tabung reservoir(cadangan) terbuang habis. Jika habis, rem bisa blong dan kita cuma bisa mengandalkan pengereman dari rem tangan(hand brake) saja, tentunya dengan tingkat kepakeman yang rendah.

2.     Rem Macet
Mobil anda berat untuk berakselerasi? Mungkin salah satu penyebabnya dari sistem pengereman yang mengalami mager(males gerak) wkwkwk. Jadi rem tidak mau balik keposisi semula karena rem sudah lengket dengan Disk/cakram/tromol). lha kok bisa ???... lha didunia ini apasih yang ngga bisa wkwkwk.... oke kembali ke topik! Rem macet kadang disebabkan dari kaliper rem yang sudah karatan, terutama rem belakang. Tapi ada juga kasus rem macet yang disebabkan dari kondisi hand brake, bisa karena setelan handbrake tertalu kencang atau mobil diparkir dilokasi parkiran yang miring dalam waktu lama, yang beginian juga kadang kita temui kasusnya dilapangan. Kalo kayak yang terakhir ini penyebabanya bukan dari minyak rem ya... perlu diingat ingat.

PERIODE PENGGANTIAN DAN SPEK MINYAK REM YANG DIBUTUHKAN.
Setiap BERES Suzuki rata-rata melakukan penggantian rutin minyak rem dikilometer 20.000 dan kelipatannya(40.000, 60.000, 80.000, 100.000) sesuai petunjuk dari Suzuki Corporation. Dikilometer segitu memang secara kasat mata terlihat jelas warna minyak rem sudah mengalami perubahan. Warna minyak rem dari awalnya bening sudah berubah menjadi gelap dan mengandung kotoran.

Spesifikasi minyak rem yang digunakan Suzuki adalah DOT 3 yang termasuk kedalam SGA(Suzuki Genuine Accessories) dengan volume perbotol 300 ml. Harga dari minyak rem Suzuki ini kurang lebih Rp.25.000 perbotol dan rata rata ketika konsumen melakukan servis rem di kilometer 20.000 dan kelipatannya akan disertakan dalam estimasi pekerjaan yang dibuat oleh SA(Service Advisor). Biasanya pengurasan minyak rem memerlukan 2 botol minyak rem dan Minyak rem ini biasanya tersedia di BERES-BERES Suzuki dan ditoko-toko sparepart mobil yang besar dikota-kota seluruh Indonesia.

Jangan Lupa yak, Minyak Rem juga perlu diganti jika sudah mencapai kilometer yang dianjurkan. Semoga membantu artikelnya.
Agus Waluyo-Suzuki Citra Asri Buana Pajajaran Bogor Jawa Barat.

0 komentar:

Post a Comment