February 01, 2016

AC Bau Pada Suzuki Ertiga

Suzuki Ertiga adalah mobil favorit bagi keluarga di indonesia, namanya saja diambil dengan ejaan Indonesia. Memang Ertiga adalah produk dengan sasaran khusus untuk mobil keluarga di Indonesia. Saat pertama di launching hingga sekarang peminatnyapun banyak... terkenal dengan keiritanya serta akomodasi ruang bagasi yang lebar dibandingkan mobilio. Biaya servisnya pun jauh lebih murah dibanding Honda mobilio.

Lanjuttt… AC bau pada Suzuki Ertiga memang menjadi keluhan bagi beberapa pelanggan, ada yang AC_nya berbau asem ada juga yang berbau gosong. Nah… untuk itu ane mau bahas sedikit tentang bau ini. Untuk mengawali pembahasan Bau pada AC Ertiga ini, ane membagi tipe Bau AC menjadi dua :
Pertama bau asem, kedua bau gosong. Kita akan bahas satu persatu..... cek this out vrooh...

Pertama AC bau Asem

AC bau asem pada Suzuki Ertiga biasa terjadi saat pertam kali kita baru menyalakan AC dimobil... umpamanya saat pagi hari mau kekantor, trus kita nyalakan ACnya... berrrr.... keluar bau asam, apalagi Ertiga yang mengadopsi double blower.

Bau asam ini sebenarnya berasal dari dalam saluran AC... kebanyakan karena evaporator yang kotor dan lembab(bikin jamuran). Nah... solusinya gampang, untuk tahap awal cukup Pasang Filter AC yang bagus yaitu filter ac yang mengandung zat anti bau, anti alergen, dan anti bakteri... dijamin cespleng, AC menjadi segarrrr kembali. Tapi… setelah dipasang AC, ada beberapa yang mengeluh kalua bau asem tersebut masih tercium dengan kadar yang agak tipis setelah pasang filter AC... solusi andalanya adalah servis ac, servis ac ini gunanya untuk membersihkan saluran di ac mobil ertiga anda... evaporator, blower, doubel blower semua dibersihkan...dipastikan jamur, kotoran akan hilang. Udara dari ac pun akan menjadi lebih segar dan wangi..... Ertiga anda jadi lebih fun to drive vroohh.

Kedua AC bau Gosong dan Bau dari luar masuk ke kabin

Bau gosong pada ac ertiga kasusnya jarang terjadi, tetapi ada beberapa konsumen yang mengeluhkan hal ini. Setelah kita analisa ternyata penyebabnya adalah sirkulasi udara ac yang sumbernya dari udara diluar kabin mobil ertiga.Umumnya sirkulasi udara dari luar digunakan untuk beberapa waktu saja jangan terlalu lama... 2-5 menitpun cukup untuk mengambil udara dari luar kabin.
Nah... Bau ini berasal dari kap mesin dan masuk lewat ventilasi udara di dasboard mobil Suzuki anda. Jika anda terlalu lama mengambil udara dari luar kabin, biasanya bau ini akan muncul.


Solusinya gampang... cukup tekan tombol sirkulasi udara dari dalam kabin dengan indikator lampunya menyala... sesuai dengan gambar dibawah ini :




Jika setelah tombol sirkulasi udara sudah ditekan, tapi dari dalam kabin mobil bau gosong masih ada... ini perlu kita analisa ulang, kasus ini sudah diluar kebiasaan dan harus dibawa ke BERES dulu... umpamanya bau gosong baru muncul di kecepatan 80 km/jam keatas... nah bau seperti ini biasanya berasal dari knalpot yang masuk lewat celah kecil yang ada di mobil bagian belakang Ertiga... solusinya bawa saja ke BERES supaya dilakukan treatment-treatmen khusus oleh Teknisi kita. Biasanya setelah dilakukan treatment, bau sudah hilang dan AC pun menyemburkan udara yang segar kembali.


Semoga artikelnya membantu.


0 komentar:

Post a Comment