May 30, 2016

Ganti Kopling Suzuki Ertiga


Suzuki Ertiga yang menggunakan transmisi manual memiliki penggemar tersendiri, khususnya yang menyukai kecepatan dan keiritan konsumsi bahan bakar yang optimal. Ya...kalo dibandingkan dengan Ertiga bertransmisi matic, tetap yang mengadopsi tranmisi manual-lah pemenangnya. Tapi Masbro, baik manual ataupun otomatis  masing-masing mempunyai kelebihan dan kekurangan. 

Nah...sekarang mari kita sharing tentang sedikit perawatan dari transmisi manual Ertiga, yaitu penggantian kopling set. Perlu diingat masbro… kopling set Ertiga dengan tipe GA, GL, GX  atau Ertiga tipe lainnya, partnya sama. Dan perlu diingat lagi, Penggantian kopling set ini khusus untuk Ertiga tipe manual bukan yang otomatis.

Untuk pemakaian yang wajar, usia kopling set Ertiga umumnya mulai dipensiunkan di kilometer 60.000 keatas atau 3 tahun. Tiap tahun, normalnya mobil menempuh jarak sejauh 20.000 kilometer dan rata rata mobil tipe lain usianya seperti itu. Tapi...ya liat dulu dilapangan, ada yang lebih lama dari 3 tahun, ada juga yang lebih cepat, semuanya TERGANTUNG PEMAKAIAN. Nah sekarang mari kita bahas Teknisnya.

A. Tanda Tanda Kopling Mulai AUS/SLIP/HABIS pada Ertiga:
  1. Tenaga Drop atau mesin kurang tenaga
Saat anda sudah masuk gigi persneleng diposisi 1, lalu anda injak pedal gas secara dalem ... lakok mesin Cuma gerung saja di RPM tinggi dan mobil gak maju-maju, itu menandakan kemungkinan besar kopling mulai slip. Mirip seperti di motor matic, saat di gasss tinggi motornya baru mau jalan.

Normalnya, kalau anda injak pedal gas dalam-dalam atau istilahe di kick down, mobil itu harusnya burn out(ban mobil muter kenceng ditempat), bukan malah loyo atau malah diem ditempat aje. Jika Kopling sudah benar benar habis, saat kita menginjak pedal gas dalam-dalam, mobil Cuma diem aja. 

Jika mobil sudah benar-benar gak mau gerak, solusinya…cari mobil derek untuk derek ke bengkel resmi terdekat. Baik saat malem atau siang hari, derek saja ke bengkel resmi Suzuki. Titipkan ke satpam yang berjaga di bengkel resmi tersebut.

  1. Susah masuk Gigi persneling atau malah gak mau pindah gigi
Tanda tanda kopling slip yang lain adalah… SAAT MESIN dinyalakan, perpindahan Gigi persneleng terasa susah atau malahan gak bisa pindah ke Gigi yang lain. TAPI… masalah seperti ini bisa saja bukan bersumber dari kopling, ada juga yang berasal dari gigi rasio transmisi/persneling. Nah....cara bedain dari mana sumber masalahnya… itu cukup gampang.

Berikut penjelasannya:
1. JIKA SAAT MESIN MATI kita gampang mindahin gigi transmisinya dan SAAT MESIN NYALA kita malah susah mindahin giginya, besar kemungkinan masalah dari KOPLING yang Habis.
2. JIKA SAAT MESIN MATI kita susah mindahin gigi persneling dan SAAT MESIN NYALA juga masih susah mindahin gigi persnelingnya, besar kemungkinan masalah dari TRANSMISI/ PERSNELING.

  1. Boros BBM
Ini efek dari kopling yang slip, tenaga besar yang dihasilkan mesin tidak tersalurkan dengan mulus ke ban, tenaga mesin tertahan di sistem kopling. Walhasil konsumsi BBM  boros.

B. Sparepart dan material yang diganti
Bengkel Resmi memberikan pilihan dan solusi terbaik untuk pelanggan-pelanggannya. Biasanya sparepart yang diganti adalah satu set kopling asli pabrikan. Satu set kopling Ertiga meliputi :

1-Pilot bearing/input bearing
2-Kampas kopling/disk clutch
3-Matahari/ clutch house
4-Dek laher/release bearing
5-Minyak rem 1 botol spesifikasi Dot 4.
6-Oli transmisi/oli persneling

C. Jasa turun kopling
Untuk update estimasi harga sparepart dan ongkos bongkar pasang kopling harap telepon ke bengkel resmi terdekat. Saat terakhir masih di Suzuki(2016), biaya yang dikeluarkan kurang lebih sebesar 2 juta Rupiah, biaya segitu sudah termasuk sparepart dan jasa bongkarnya.

D. Lama pengerjaan turun kopling Ertiga
Rata-rata menghabiskan waktu 3 - 4 jam dengan catatan baut-bautnya lancar gak ada yang slek, Kalau mau cepet dan optimal lagi, kasih uang tips ke Teknisinya wkwkwk..... saran dari ane sih Enaknya...pagi dianter ke BERES, sorenya jam 3-an diambil ke BERES.

Authorised Beres
Suzuki Citra Asri Buana Pajajaran Bogor Jawa Barat, Telp 0251 8380451.

Yowis...sekian dulu artikelnya, semoga bermanfaat artikel dari redaksi kali ini-Waluyo.

7 comments:

  1. Terima kasih mas buat infonya, bermanfaat banget buat kroscek lagi sebelum/sesudah ke bengkel.

    ReplyDelete
  2. Saya abis ganti kopling ertiga. Terus nyoba jalan tapi kok jadi ga enak mbil sy ya goyang2 gabruk2 apalagi di tol yg jalannya cor2ab kayak melayang2 ga stabil terus kayak naik gerobak gabruk2ab. Kenapa ya itu

    ReplyDelete
    Replies
    1. Itu shockbreaker depan mati semua pak. Efek umur dan digantung sewaktu servis. Di cuci steam dengan hidrolik juga berpotensi merusak shockbreaker depan. Mohon koreksi bila salah

      Delete
    2. Iya.. Bener.. Kalau ertiga umurnya sudah lebih dari 5 tahun shockbreaker depannya biasanya udah minta ganti.. Ini yg bikin goyangannya seperti kaku. Ganti shock breakernya aja, saya yakin problem solved utk urusan gabruk2nya

      Delete
  3. sy mo tanya nii mobil ertiga sy kl masuk gigi dua itu tersa geol taw goyang yaa,,,tp kalau sudah masuk gigi tiga dan naik rpm rasa geolnya hilang,,,,mhn solusinya nii pa,,,terima kasih

    ReplyDelete
  4. Bengkel nya masih buka?

    ReplyDelete