May 23, 2016

Request Teknisi Saat Servis Mobil Di BERES

BERES atau Bengkel Resmi mempunyai standart pelayanan yang sama, SOP yang sama, tidak ada perbedaan diantara BERES satu dengan BERES yang lainnya. Tapi  pada kondisi real di lapangan, kenyataannya tidaklah demikian, karena Skill dari SDM tiap BERES tidak akan pernah sama dan satu lagi penyebab terjadinya perbedaan pelayanan yaitu Fasilitas Bengkel, mulai dari bengkel yang punya fasilitas komplit sampai yang dalam kondisi miris di beberapa BERES masih dijumpai. Dua hal itulah yang membuat perbedaan dari segi pelayanan.

SDM
Didalam BERES tidak semuanya sarjana atau malah sudah sarjana tapi skillnya kurang, ada juga lulusan SMK tapi skill dewa... macam-macam tingkat kompetensi tiap orang dan tiap BERES.  Lalu Apakah yang menjadi acuan SDM bisa dibilang bagus ? ya... tidak lain tidak bukan jika SDM menguasai teori dan praktek dengan seimbang, bisa menguasai teknikal, softskill dan SOP. Jika SDM sudah kompeten, kepuasan pelanggan bisa didongkrak dengan maksimal, tinggal faktor fasilitas BERES sebagai ujung tombak kualitas pelayanan servis. Dari hal tersebut, Anda boleh meminta teknisi BERES yang handal,  Anda bisa request Teknisi tersebut.

FASILITAS BENGKEL
Fasilitas Untuk Karyawan !
Ngomongin fasilitas pasti erat hubungannya dengan kebijakan MANAJEMEN PERUSAHAAN. Fasilitas untuk karyawan bisa dalam bentuk upah tenaga kerja, kelengkapan tools bengkel, dll.  
Mengenai Upah tenaga kerja yang dalam hal ini sudah ada acuan dari pihak ATPM dan Pemerintah, tinggal Manajemen perusahaan mau mengaplikasikannya atau tidak. Rata-rata di BERES Suzuki Indonesia masih sedikit yang mau pake aturan dari ATPM dan Pemerintah.
Selanjutnya tools atau alat-alat bengkel sangat penting untuk diperhatikan, karena INI-BERES bukan bengkel ecek-ecek pinggir jalan... kita kerja pake SOP... punya alur kerja, menggunakan alat yang sudah direkomendasikan dari pabrikan, dan secara teknikal alat-alat ini mempunyai fungsi yang besar dalam menunjang kecepatan kerja yang berimbas pada kepuasan pelanggan dan revenue perusahaan. Gampangnya, kalo alat kerjanya gak ada, Teknisi mesti ngakalin dulu... nyari solusi sono sini yang membuat ribet teknisi tersebut.
Makanya fasilitas tenaga kerja sangat berpengaruh pada pelayanan serta kepuasan pelanggan. SDM oke... tapi tidak didukung fasilitas kerja, saya katakan itu bukan BERES !!! tapi bengkel umum pinggir jalan.

Fasilitas Untuk Konsumen !
Pelanggan mempunyai harapan yang besar ketika datang ke BERES, mulai dari tenaga ahlinya dan fasilitas-fasilitas yang diberikan kepada pelanggan, yang pada intinya datang ke BERES dengan ekspektasi yang tinggi. Nah patokannya apa ? tetap SOP sebagai buku manual untuk mencapai kepuasan pelanggan, SOP itukan standart nya... kalo yang standar saja belum bisa diterapkan, gimana mau memberikan yang lebih kepada pelanggan? padahal harapan konsumen ke BERES itu besar lo... pelanggan mau bayar agak mahal juga oke-oke aja asal pelayanannya memuaskan. Pokoknya tinggal komitmen manajemen saja kalo masalah fasilitas-fasilitas yang kayak begini.

Kesimpulannya, saat Anda masuk BERES Suzuki Anda bisa request teknisi untuk mendapatkan kepuasan pelayanan yang optimal.

Oke... sekian dulu sharing saya kali ini, semoga mencerahkan.