March 29, 2016

Lampu Check Engine Menyala Suzuki Carry Futura Pick Up/Blind Van

Mobil niaga Suzuki Carry Futura Pick Up/Blind Van terkenal dengan handal, irit dan bertenaga dikelasnya, dari segi endurance sudah tidak diragukan lagi. Suzuki Carry Futura dibenamkan mesin 1500cc tipe G series, basis sama dengan yang dipake APV. Mobil ini turut serta dalam pergerakan roda ekonomi di negara kita. Coba lihat dipasar-pasar tradisional, tidak jarang kita temui mobil yang satu ini sedang menggerakkan roda perekonomian Indonesia. Kita sering lihat di toko-toko bangunan, Pasar, jalan Tol, plosok pedesaan, pokoknya Futura sebagai kendaraan operasionalnya. Pernah beberapa tahun belakangan terdengar kabar mau di stop produksi oleh PT.SIS, tapi niat itu dibatalkan, karena peminat Carry Futura masih sangat besar. Pokoknya Juos gandhos kothos-kothos nganti mbledhos untuk Suzuki Carry Futura ini. Baiknya malah ada penyegaran biar tambah laris!


Balik lagi ke Laptop, semua ciptaan manusia gak ada yang sempurna, tak terkecuali Suzuki Carry. Ada beberapa kasus yang sering terjadi dan kita temui dilapangan, diantaranya Lampu Injeksi/MIL(Malfunction Indicator Lamp)/lampu check engine yang menyala terus pada dashboard.

Ada beberapa faktor penyebab masalah, namun akan membahas sebagian saja. Oke Vroohhh...simak ya...
  1. Kabel Speedometer Putus
    Ini yang sering terjadi dilapangan, kabel speedometer putus dan menyebabakan lampu check engine menyala. Untuk penyebab putusnya kabel ini biasanya karena faktor umur saja. Tanda-tanda paling gampang kalo kabel speedometer putus yaitu jarum speedometer yang tidak bergerak. Jika sudah begini kabel speedo harus diganti. Tindakan selanjutnya, kita copot kabel aki yang di kutub negatif (-) aki selama 30 detik atau lebih lama, gunanya untuk me-reset ECU (otak komputernya) nya.
  2. MAPS Patah
    Ini juga sering terjadi, MAPS patah karena mobil mendapat beban yang berlebihan. MAPS adalah sensor tekanan udara di mobil injeksi, jika sudah rusak dipastikan campuran bahan bakar menjadi kacau, biasanya diawali dengan tanda-tanda RPM mesin tidak stabil alias RPM-nya naik turun sendiri gak karuan(gas nya naik-turun sendiri). Solusinya ganti MAP Sensor dengan yang baru. Kalo sudah diganti, copot kabel di minus baterai sekitar 30 detik atau lebih lama, gunanya untuk me-reset komputernya(ECU/ECM).
Sekian dulu, artikel ini hanya menjelaskan faktor-faktor penyebab MIL/lampu check engine mobil Carry Futura menyala yang BIASA ditemui dilapangan, kurang lebihnya mohon maaf, semoga artikelnya membantu, See you.

0 komentar:

Post a Comment