March 07, 2016

Oli/ Minyak Power Steering Mobil Suzuki

OLI/MINYAK POWER STEERING MOBIL SUZUKI

Power steering adalah suatu sistem steer yang berguna untuk meringankan seorang driver untuk menggerakkan roda kemudi, terutama saat mau parkir. Diartikel kali ini saya akan membahas tentang sistem power steering yang jenis hidrolik saja, bukan yang tipe EPS(Electric Power Steer).
Suzuki sendiri bukan pemain baru disini karena beberapa produknya sudah menggunakan sistem power steering jenis hidrolik. Bisa dilihat untuk beberapa produk boil Suzuki seperti: Baleno, Escudo 2000, Escudo 1600, Aerio, Apv, dan Grandvitara sudah mengaplikasikan sistem ini.
Nah, sistem power steering jenis ini memerlukan perawatan berkala untuk menunjang kinerjanya. Perawatannyapun tergolong enak, cepat dan gampang.

100.000KM atau 50.000 km Sudah Diganti?

Kalo merujuk pada buku manual memang disana tertulis 100.000 km untuk penggantian berkalanya. Akantetapi tidak ada jeleknya dikilometer 50.000 km sudah dilakukan penggantian, dikarenakan mobil-mobil di Ibukota dan dikota kota besar lainnya banyak yang terkena macet. Logikanya kalo lagi macet, begini...
Mobil diam tidak bisa gerak maju atau mundur karena terjebak macet, nah...dalam kondisi seperti itu rata rata mesin tetap nyala untuk menyuplai AC ke kabin mobil dan jarum speedometer tidak bergerak. Kalo speedometer tidak bergerak otomatis odometer juga ikut tidak bertambah. Mesin sih nyala terus tapi alat untuk mengukur jarak tempuh(odometer)kendaraan tidak bertambah. Coba bayangkan jika mobil terkena macet setiap hari berapa jarak tempuh sebenarnya yang dicapai kendaraan tersebut?? Makanya saya sarankan untuk mengganti di kilometer 50 ribu.

OLI YANG DIGUNAKAN
Oli yang digunakan adalah SGO ATF 3317 sebanyak 1 L, untuk harga bisa hubungi dealer terdekat dikota anda. Rata-rata perliternya 120an ribu Rupiah.

Sekian artikelnya, semoga membantu.