Mobil Suzuki Ertiga bertransmisi
manual tipe ga, gl, gx atau yang lainnya menggunakan part kopling yang sama.
Mulai dari part seperti pilot bearing, flywheel, matahari, kampas kopling, dek
laher, semua menggunakan part yang sama.
Waktu mbongkar kopling Ertiga beberapa
waktu yang lalu, saya mendapat pengalaman baru yang saya rasa cukup berguna
jika saya share disini. Saat itu ada konsumen yang koplingnya sudah sangat slip
dengan tanda-tanda mobil sudah gak mau jalan sama sekali walaupun RPM mesin
sudah melengking tinggi, walhasil harus diturunkan koplingnya buat investigasi mekanik. Setelah proses
pembuatan SPK sudah deal, maka mobil tersebut langsung masuk Stall untuk
dikerjakan. Nah... setelah dibongkar... eng ing eng... ane dapati kondisi
kopling set yang sudah dalam tahap memprihatinkan ditambah fly wheel yang aus kemakan
sama paku kelingan kampas kopling.
Setelah dibongkar kopling setnya, ternyata
sparepartnya gak ready stok, habis dihari yang sama karena ada lebih dari satu mobil
Ertiga yang sedang ganti kopling. Solusi selanjutnya ane kembali ke bagian sparepart
untuk menanyakan kecocokan part kopling set milik mobil Suzuki yang lain.
Nah... didapatlah kecocokan dan kesamaan part kopling set milik Ertiga dengan
part kopling set milik Suzuki Splash.
Mulai dari fly wheel, matahari, pilot bearing, kampas kopling sama dan plug n
play... Cuma beda di dek lahernya saja, karena di splash dek laher masih
digerakkan lewat tuas, sedangkan di Ertiga dek laher sudah digerakkan secara
hidrolik atau pakai minyak khususnya minyak rem.
Pasang-pasang-pasang lalu mobil dites dulu, mobil menjadi ngacir lagi dan sampai sekarang gak ada masalah
ataupun komplain dari konsumen tersebut, akire puas... wkwkwk.
So jangan putus asa jika barang kosong, masih
ada kanibalannya vrooohhh...
Sekain artikelnya semoga membantu.