June 06, 2016

Subtitusi Kopling Set Suzuki Ertiga

Mobil Suzuki Ertiga bertransmisi manual tipe ga, gl, gx atau yang lainnya menggunakan part kopling yang sama. Mulai dari part seperti pilot bearing, flywheel, matahari, kampas kopling, dek laher, semua menggunakan part yang sama.

Waktu mbongkar kopling Ertiga beberapa waktu yang lalu, saya mendapat pengalaman baru yang saya rasa cukup berguna jika saya share disini. Saat itu ada konsumen yang koplingnya sudah sangat slip dengan tanda-tanda mobil sudah gak mau jalan sama sekali walaupun RPM mesin sudah melengking tinggi, walhasil harus diturunkan koplingnya buat investigasi mekanik. Setelah proses pembuatan SPK sudah deal, maka mobil tersebut langsung masuk Stall untuk dikerjakan. Nah... setelah dibongkar... eng ing eng... ane dapati kondisi kopling set yang sudah dalam tahap memprihatinkan ditambah fly wheel yang aus kemakan sama paku kelingan kampas kopling.

Setelah dibongkar kopling setnya, ternyata sparepartnya gak ready stok, habis dihari yang sama karena ada lebih dari satu mobil Ertiga yang sedang ganti kopling. Solusi selanjutnya ane kembali ke bagian sparepart untuk menanyakan kecocokan part kopling set milik mobil Suzuki yang lain. Nah... didapatlah kecocokan dan kesamaan part kopling set milik Ertiga dengan part kopling set milik Suzuki Splash. Mulai dari fly wheel, matahari, pilot bearing, kampas kopling sama dan plug n play... Cuma beda di dek lahernya saja, karena di splash dek laher masih digerakkan lewat tuas, sedangkan di Ertiga dek laher sudah digerakkan secara hidrolik atau pakai minyak khususnya minyak rem.

Pasang-pasang-pasang lalu mobil dites dulu, mobil menjadi ngacir lagi dan sampai sekarang gak ada masalah ataupun komplain dari konsumen tersebut, akire puas... wkwkwk.

So jangan putus asa jika barang kosong, masih ada kanibalannya vrooohhh...
Sekain artikelnya semoga membantu.