January 26, 2012

Mengenal Grand Vitara 2000 (JB 420)

J20A adalah mesin segaris dengan DOHC 16 katup yg digerakkan oleh rantai(Timing chain).
Exhaust System
 Dilengkapi dengan “4-2-1” collective double stainless steel tube exhaust manifold, Exhaust manifold terbuat dari logam tahan karat yang mempunyai daya serap panas yang kecil. Hal ini sangat baik untuk membantu mempercepat panasnya three-way catalyst mengkibatkan proses “Go Green” lebih cepat bekerja.
Heated oxygen sensor(HO2S) No.2 dipasang pada saluran keluar dari catalyst No.1. Air/Fuel ratio sensor(A/F S) dipasang pada saluran masuk catalyst No.1.kedua komponen ini(HO2S & A/F S bekerja sebagai sensor koreksi untuk menjaga campuran bahan bakar dan udara tetap ideal sesuai kondisi kendaraan.
Muffler exhaust gas memiliki tipe resistansi rendah dan mempunyai daya tampung besar yang dapat  menambah output mesin dan meredam  suara dengan baik. Kapasitas dari catalyst  1 liter. Komponen utamanya adalah  platinum dan rhodium.Catalysts dipasang pada exhaust pipes No.1 and No.2 secara berurutan.
Intake System
Intake manifold terbuat dari resin yang mengurangi berat kendaraan, Terdapat intake manifold air tuning system(IMT) untuk memperbesar engine output dan torsi mesin. Menggunakan Electrical throttle body(ETB)agar diperoleh air/fuel ratio yang tepat untuk proses kerja.
Perbandingan bahan bakar, output maksimum, torsi maksimum telah ditingkatkan. Penggunaan/ konsumsi bahan bakar juga lebih baik dibanding  SQ420(Escudo 2000cc) berkat beberapa perubahan pada ECM baru buatan  DENSO.
Cooling System
Menggunakan dua Radiator fan yang digerakkan oleh motor listrik, dengan demikian dapat menghemat tenaga mesin . radiator fan bekerja dengan tiga kecepatan atau tiga level pendinginan sesuai kondisi mesin.

0 komentar:

Post a Comment