February 02, 2012

Kerusakan MAPS Pada Futura Pick Up Injeksi.

  Futura Pick up adalah mobil yang identik dengan kendaraanya para pedagang yang sarat dengan muatan banyak dan dikenal lama sebagai partner handal dalam mengatasi beratnya barang dagangan ketika mau didistribusikan. Selain irit dan jarang rewel, mobil ini mempunyai model yang tak lekang oleh waktu, tak heran jika mobil ini masih laris dipasaran. Itulah beberapa pendahuluan tentang artikel ini, sekarang mari kita memasuki inti dari artikel ini.
  Beberapa kali kami menjumpai MAPS(Manifold Absolute Pressure Sensor) yang patah pada Futura-injeksi. Hal ini disebabkan MAPS berbenturan dengan bagian chasis dibawah kursi tempat duduk sopir yang posisinya tepat diatas MAPS. Setelah kami tanya pada pemilik mobilnya, ternyata benar dugaan kami kalau mobil itu sering membawa beban yang berlebihan. MAPS tidak mungkin patah jika chasis tidak bergerak turun akibat beban yang berlebihan. Dan akibatnya pasti mesin bekerja tidak normal dan berakibat MIL/lampu Check engine menyala, biasanya putaran idle/langsam menjadi tidak stabil naik diatas 1000 rpm.

Apakah MAPS itu ?
  MAP Sensor berfungsi untuk mendeteksi tekanan-tekanan udara di intake manifold sebagai dasar penghitungan jumlah udara yang masuk melalui IC yang terdapat didalam sensor ini. Sensor ini adalah termasuk sensor utama dalam sistem injeksi dan bekerjanya ketika mendapat input tegangan dari ECM dan sekaligus memberikan output tegangan yang bervariasi pada ECM kemudian digunakan untuk menentukan basic injection time.

Cara mengatasi MAPS yang patah ?
  MAPS yang patah harus diganti dengan harga yang cukup mahal(1 jutaan),dan datanglah ke BERES(bengkel resmi) untuk melakukan penggantian dan untuk meRESET ECM.di BERES sudah terlatih untuk mengatasi hal-hal seperti ini dan disana ADA TIPS ISTIMEWA khusus untuk pemilik mobil Futura-injeksi. Untuk TIPS itu datanglah ke BERES dan tanyakan langsung kepada mekanik atau frontman yang menangani mobil anda.