SWING YOUR UP

SWIFT SPORT 1.6 L

CITY CAR NO 1

SUZUKI SPLASH GEN 2

LINCAH DAN BERTENAGA

MESIN M SERIES

SWIFT SPORT

RACING PERFORMANCE

February 24, 2012

Pentingnya menjaga tekanan angin ban mobil

Ban adalah salah satu komponen penting pada kendaraan kita yang mempunyai fungsi dan berkaitan langsung dengan komponen-komponen yang lain pada kendaraan kita khususnya pada bagian power train.
Tekanan angin ban harus selalu dijaga karena mempunyai andil yang tak bisa diremehkan,bahkan bisa menjadi masalah jika kita tidak mempedulikannya. Perlu diketahui bahwa tekanan angin ban disetiap mobil berbeda-beda dan bisa anda lihat ukuran standartnya pada stiker yang ditempel dibagian bawah engsel pintu pada pintu kanan depan atau pintu sopir(mobil Suzuki).
Tekanan angin ban dengan sistem steering
Sistem steering sangat erat hubungannya dengan ban dan tekanan angin ban. Beberapa masalah yang sering ditimbulkan jika ban dan tekananya bermasalah adalah diantaranya sebagai berikut :
1.         Setir menjadi keras atau berat
2.         Kondisi abnormal saat belok
3.         Setir tidak stabil atau kadang melayang
4.         Setir tidak menentu saat melakukan pengereman
5.         Bunyi mendengung karena Ban yang benjol
General check up dan tekanan angin ban
Saat kendaraan anda melakukan servis di BERES(bengkel resmi) mintalah kepada SA(service advisor) untuk melakukan pekerjaan general check up. General check up adalah untuk mengecek secara keseluruhan dan secara umum untuk mengetahui atau mendiagnosa komponen-komponen yang ada di mobil anda termasuk didalamnya mengecek tekanan angin ban pada mobil anda. jika terdapat komponen yang bermasalah biasannya teknisi akan menyampaikannya pada foremen dan selanjutnya dari frontman akan diberitahukan pada konsumen untuk konfirmasi selanjutnya,apakah komponen yang rusak mau diganti sekarang atau besok-besok saja penggantian komponennya,tapi jika komponennya benar-benar sudah rusak biasanya komponen itu wajib diganti demi kenyamanan dan keamanan berkendara anda. Monggo.....kami beri pilihan yang terbaik buat anda.

February 24, 2012

Pentingnya menjaga tekanan angin ban mobil

Ban adalah salah satu komponen penting pada kendaraan kita yang mempunyai fungsi dan berkaitan langsung dengan komponen-komponen yang lain pada kendaraan kita khususnya pada bagian power train.
Tekanan angin ban harus selalu dijaga karena mempunyai andil yang tak bisa diremehkan,bahkan bisa menjadi masalah jika kita tidak mempedulikannya. Perlu diketahui bahwa tekanan angin ban disetiap mobil berbeda-beda dan bisa anda lihat ukuran standartnya pada stiker yang ditempel dibagian bawah engsel pintu pada pintu kanan depan atau pintu sopir(mobil Suzuki).
Tekanan angin ban dengan sistem steering
Sistem steering sangat erat hubungannya dengan ban dan tekanan angin ban. Beberapa masalah yang sering ditimbulkan jika ban dan tekananya bermasalah adalah diantaranya sebagai berikut :
1.         Setir menjadi keras atau berat
2.         Kondisi abnormal saat belok
3.         Setir tidak stabil atau kadang melayang
4.         Setir tidak menentu saat melakukan pengereman
5.         Bunyi mendengung karena Ban yang benjol
General check up dan tekanan angin ban
Saat kendaraan anda melakukan servis di BERES(bengkel resmi) mintalah kepada SA(service advisor) untuk melakukan pekerjaan general check up. General check up adalah untuk mengecek secara keseluruhan dan secara umum untuk mengetahui atau mendiagnosa komponen-komponen yang ada di mobil anda termasuk didalamnya mengecek tekanan angin ban pada mobil anda. jika terdapat komponen yang bermasalah biasannya teknisi akan menyampaikannya pada foremen dan selanjutnya dari frontman akan diberitahukan pada konsumen untuk konfirmasi selanjutnya,apakah komponen yang rusak mau diganti sekarang atau besok-besok saja penggantian komponennya,tapi jika komponennya benar-benar sudah rusak biasanya komponen itu wajib diganti demi kenyamanan dan keamanan berkendara anda. Monggo.....kami beri pilihan yang terbaik buat anda.

February 12, 2012

Tips Memilih Mobil Baru 2012

Pada tahun ini kita banyak diserbu mobil baru,baik mobil-mobil jepang ataupun eropa.Untuk itu saya mau sedikit memberi saran sebagai panduan sebelum membeli mobil baru. ada beberapa hal yang perlu diperhitungan sebelum anda membeli mobil baru,tapi saya membatasi pada beberapa poin saja,seperti: faktor jual kembali/aftersales,harga spare part dan ketersediaanya,faktor perawatan berkala saat menservis mobil anda.
1.    Faktor Aftersales
Brand Image vs kualitas
Harga jual kembali ini sering diperhitungkan beberapa konsumen saat mau membeli mobil baru,karena mereka membeli mobil untuk dijual,artinya mereka membeli mobil selain untuk dipakai,mobil itu juga berfungsi sebagai tabungan ketika saat nanti dijual.alhasil dari pemikiran seperti ini tercipta suatu kefanatikan pada produk tertentu dan tidak mau membeli produk dengan merek yang lain walaupun produk yang lain secara umum lebih bagus kualitasnya akan tetapi aftersalesnya ambles. Pada dasarnya aftersales itu tergantung pada kualitas produk dan larisnya dipasaran,bukan pada brand image,akan tetapi kebanyakan orang memilih brand image sebagai dasar pertimbangan membeli mobil baru daripada kualitas yang ada pada mobil baru dengan merek yang lain.

2.    Harga Spare Part dan Ketersediaanya
Produk laris dipasaran pasti banyak toko yang menjual spare partnya
 Mobil pabrikan jepang yang berada di indonesia apapun mereknya,harga spare partnya hampir sama rata dan lebih murah daripada merek eropa. biasanya produk produk “KW” juga banyak di toko-toko spare part mobil yang diperuntukan mobil keluaran jepang. Adapun untuk mobil keluaran eropa memang harganya mahal dan tidak disetiap toko onderdil mobil menyediakanya. Harga mahal tetapi kualitasnya juga bagus,itulah produk eropa.
Mobil yang laku keras dipasaran dapat kami pastikan spare partnya akan banyak tersedia dimana-mana karena keduanya saling berkaitan,bahkan yang aftermarket juga tersedia beragam pilihan untuk alternatif suku cadang mobil anda jika kantong lagi tipis
3.  Perawatan Berkala pada mobil
Toyota dan Suzuki paling banyak
Mobil dengan perawatan yang teratur akan lebih awet dan lebih ekonomis dibandingkan mobil yang jarang diservis dan Garansi mesin tetap terjaga jika melakukan servis di bengkel resmi.
Toyota dan suzuki mempunyai banyak BERES yang tersebar di seluruh nusantara, bahkan di satu kota saja bisa terdapat lebih dari satu BERES yang membuat konsumen suzuki tidak usah repot-repot pergi jauh untuk menservis mobilnya. Setiap BERES pasti sudah memenuhi standart kelayakan dari ATPM_nya,jadi tidak usah ragu untuk datang di BERES Suzuki di setiap daerah.
Jumlah BERES(bengkel resmi)banyak membuat konsumen semakin untung.jika mau servis tidak usah antri cukup booking servis saja,hemat biaya operasional,bisa memilih BERES mana yang paling baik pelayanannya dan biasanya promo/diskon servis juga banyak yang membuat biaya servis semakin murah.

February 02, 2012

Kerusakan MAPS Pada Futura Pick Up Injeksi.

  Futura Pick up adalah mobil yang identik dengan kendaraanya para pedagang yang sarat dengan muatan banyak dan dikenal lama sebagai partner handal dalam mengatasi beratnya barang dagangan ketika mau didistribusikan. Selain irit dan jarang rewel, mobil ini mempunyai model yang tak lekang oleh waktu, tak heran jika mobil ini masih laris dipasaran. Itulah beberapa pendahuluan tentang artikel ini, sekarang mari kita memasuki inti dari artikel ini.
  Beberapa kali kami menjumpai MAPS(Manifold Absolute Pressure Sensor) yang patah pada Futura-injeksi. Hal ini disebabkan MAPS berbenturan dengan bagian chasis dibawah kursi tempat duduk sopir yang posisinya tepat diatas MAPS. Setelah kami tanya pada pemilik mobilnya, ternyata benar dugaan kami kalau mobil itu sering membawa beban yang berlebihan. MAPS tidak mungkin patah jika chasis tidak bergerak turun akibat beban yang berlebihan. Dan akibatnya pasti mesin bekerja tidak normal dan berakibat MIL/lampu Check engine menyala, biasanya putaran idle/langsam menjadi tidak stabil naik diatas 1000 rpm.

Apakah MAPS itu ?
  MAP Sensor berfungsi untuk mendeteksi tekanan-tekanan udara di intake manifold sebagai dasar penghitungan jumlah udara yang masuk melalui IC yang terdapat didalam sensor ini. Sensor ini adalah termasuk sensor utama dalam sistem injeksi dan bekerjanya ketika mendapat input tegangan dari ECM dan sekaligus memberikan output tegangan yang bervariasi pada ECM kemudian digunakan untuk menentukan basic injection time.

Cara mengatasi MAPS yang patah ?
  MAPS yang patah harus diganti dengan harga yang cukup mahal(1 jutaan),dan datanglah ke BERES(bengkel resmi) untuk melakukan penggantian dan untuk meRESET ECM.di BERES sudah terlatih untuk mengatasi hal-hal seperti ini dan disana ADA TIPS ISTIMEWA khusus untuk pemilik mobil Futura-injeksi. Untuk TIPS itu datanglah ke BERES dan tanyakan langsung kepada mekanik atau frontman yang menangani mobil anda.

February 02, 2012

Drive by Wire

  Beberapa model mobil suzuki sudah tidak menggunakan lagi kabel gas sebagai penggerak katup gas/throttle valve,sekarang throtlle valve digerakkan secara elektronik melalui motor yang ditempatkan di throtlle body yang pergerakannya diatur oleh ECM berdasarkan dua input sinyal dari sensor pedal gas atau APPS(accelerator pedal position sensor) kemudian pembukaan throtlle valve yang  dideteksi melalui TPS(trhotlle position sensor). Sehingga tidak kita jumpai lagi komponen seperti IAC/SIC yang berfungsi untuk mengatur jumlah udara yang masuk ke intake manifold. Di sistem ini putaran idle/langsam dilakukan oleh throtlle actuator(motor).
  Mobil suzuki yang sudah mengaplikasikan sistem ini antara lain(saat artikel ini dibuat) : Grandvitara 2000cc & 2400cc,SX-4,beberapa varian Swift dan Splash.
  Mobil yang menggunakan sistem ini jarang terdapat masalah pada saat putaran idle alias putaran langsamnya stabil.jika di throtlle valve terdapat kotoran yang menyumbat atau kotoran yang dapat menghambat pergerakan throtlle valve,gejala yang sering muncul adalah mobil agak susah distarter dan  MIL/lampu check engine menyala karena ECM mendeteksi adanya masalah pada pergerakan katup gas,tetapi biasanya lampu menyala dengan intensitas tidak tetap alias kadang-kadang menyala kadang mati lagi. Jika terjadi masalah seperti ini cepatlah datang ke BERES(bengkel resmi) untuk memastikan masalah pada mobil anda dan untuk manghapus atau meRESET masalah yang tersimpan di ECM dengan Scan tool(tech 2) .
  Pada beberapa kasus yang tidak biasa,seperti putaran mesin tidak stabil atau putaran mesin naik turun sendiri dapat dipastikan komponen yang berada pada sistem ini ada yang gagal bekerja, seperti: APPS rusak atau TPS yang tidak bekerja atau ECM yang rusak. Tetapi kasus-kasus seperti ini jarang ditemui.
Drive By Wire lebih banyak keuntunganya dibanding dengan sistem konvensional yang masih menggunakan kabel gas.